RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Matematika Kelas VII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                
                                            Nama Sekolah          :     SMP dan MTs
                                            Mata Pelajaran          :     Matematika
                                            Kelas                        :     VII (Tujuh)
                                            Semester                   :     2 (Dua)
Standar Kompetensi                  :  ALJABAR           
                                                     4.      Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar                       :     4.1.                  Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya.
Alokasi Waktu                          :  2 jam pelajaran (1 pertemuan).
A.     Tujuan Pembelajaran
a.       Peserta didik dapat menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.
b.      Peserta didik dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan.
c.       Peserta didik dapat menyatakan notasi himpunan.
d.      Peserta didik dapat mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga.
e.       Peserta didik dapat mengenal himpunan kosong dan nol serta notasinya.
f.       Peserta didik dapat mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.           
B.      Materi Ajar
       
        Himpunan:
        -     Mengenal  himpunan.
C.     Metode Pembelajaran
        Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D.     Langkah-langkah Kegiatan
        Pertemuan Pertama
       
        Pendahuluan       :  -  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                      -  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
        Kegiatan Inti
a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan beserta data anggotanya, mengenai anggota dan bukan anggota himpunan, notasi himpunan, himpunan berhingga dan tak berhingga, himpunan kosong dan nol serta notasinya, juga pengertian himpunan semesta beserta anggotanya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs   Kelas VII Semester 2,   hal. 199-205 mengenai mengenal himpunan).        
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan beserta data anggotanya, mengenai anggota dan bukan anggota himpunan, notasi himpunan, himpunan berhingga dan tak berhingga, himpunan kosong dan nol serta notasinya, juga pengertian himpunan semesta beserta anggotanya.
c.       Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 201 mengenai cara menuliskan kumpulan bilangan yang diberikan ke dalam bentuk himpunan.
d.      Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal. 202 mengenai penulisan himpunan dalam tiga cara (menyebutkan anggotanya, menyebutkan syarat anggota-anggotanya, dan menggunakan notasi pembentuk himpunan), penentuan banyak anggota himpunan, hal. 203 mengenai himpunan kosong dan penentuan himpunan semesta dari himpunan yang diberikan.
e.       Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 203-205 mengenai pengidentifikasian apakah kumpulan-kumpulan yang diberikan (bentuk kalimat) merupakan himpunan atau tidak; penulisan himpunan yang diberikan dengan cara mendaftar, menyebutkan syarat keanggotaannya, serta menggunakan notasi pembentuk himpunan; pengidentifikasian himpunan berhingga atau tak berhingga dari himpunan-himpunan yang diberikan; pengidentifikasian himpunan kosong; penentuan himpunan seemsta dari himpunan yang diberikan, dan sebaliknya, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
f.       Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 200-201 mengenai menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan beserta data anggotanya, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
        Penutup
a.       Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b.      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 203-205 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
E.      Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs   Kelas VII Semester 2,   hal. 199-205.
-        Buku referensi lain.
Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP

Klik Disini Untuk Download File RPP Matematika Kelas VII



0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Matematika Kelas VII"

Post a Comment