Ticker

6/recent/ticker-posts

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII


DOWNLOAD FILE LENGKAP RPP MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER KLIK DISINI 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                
                                            Nama Sekolah          :     SMP dan MTs
                                            Mata Pelajaran          :     Matematika
                                            Kelas                        :     VII (Tujuh)
                                            Semester                   :     2 (Dua)
Standar Kompetensi                  :  GEOMETRI
                                                     6.      Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar                       :     6.1.                  Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya.
Alokasi Waktu                          :  2 jam pelajaran (1 pertemuan).
A.     Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan besar sudutnya.         
       
B.      Materi Ajar
       
        Segitiga dan Segi Empat:
              -        Menemukan jenis-jenis segitiga.
        -     Menggunakan hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga.
C.     Metode Pembelajaran
        Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D.     Langkah-langkah Kegiatan
        Pertemuan Pertama
       
        Pendahuluan       :  -  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                      -  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
        Kegiatan Inti
a.       Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan besar sudutnya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs   Kelas VII Semester 2,   hal. 224-230 mengenai mengenal sudut, hal. 284 mengenai menemukan jenis-jenis segitiga dan hal 285-290 mengenai menggunakan hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga).        
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai satuan sudut yang sering digunakan, cara mengukur besar sudut dan menggambar sudut dengan menggunakan busur derajat, mengenai jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan besar sudutnya.      
c.       Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 285-287 mengenai cara menentukan besar sudut-sudut dalam segitiga.
d.      Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 284 mengenai pengukuran sudut-sudut serta panjang sisi segitiga, hal. 285 mengenai penentuan besar jumlah sudut dalam segitiga, hal. 286 mengenai penentuan besar jumlah sudut luar segitiga, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
e.       Peserta didik mengerjakan soal “Quiz“ dalam buku paket hal. 287.
f.       Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ hal. 287-290 mengenai jenis-jenis segitiga dan hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
        Penutup
a.       Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
b.      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 287-290 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

DOWNLOAD FILE LENGKAP RPP MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER KLIK DISINI

Post a Comment

0 Comments